Kemah Kelas XI SMA N 3 Semarang 2015 [[Bantir]]

   Halo.
   Udah lama banget ya kayaknya ngga update blog yang tentang pengalaman gini :')
   Jadi di post kali ini aku mau nyeritain pengalaman tentang Kemah Wajib Kelas XI SMA N 3 Semarang th 2015 yang dilaksanakan di Perkemahan Bantir Sumowono.
   Sebelumnya, terima kasih untuk Kurikulum 2013 yang sudah membuat kita bisa merasakan kemah setiap 3 tahun sekali :-) yha.
Langsung mulai ajadeya.

-- Hari Pertama --  16 Oktober 2015
   Pemberangkatan buat ke Bantir itu di jadwal jam 13.00, dan itu kondisi Semarang lagi panas banget. Dan kita harus apel dulu sebelum berangkat, belom apa-apa udah gosong kan. Nah setelah apel yang menurutku luama buanget itu, akhirnya kita berangkat agak molor, sekitar jam 14.00 kurang. Perjalanan naik bus kecil tapi ngga sekecil bus yang buat PPT SMALA tahun lalu, tapi tetep aja ngga muat buat 37 anak, dan yang cowo-cowo akhirnya harus berdiri. Dan jalan buat ke Bantir itu naik dan berliku, jadi bisa bayangin kan gimana susahnya mereka buat berdiri sama gelantungan di bus? Mana ada yang size XL lagi yang berdiri, kasian sumprit, dan itu perjalanannya makan 2 jam.

   Sampai di Bantir itu sekitar jam 16.00 kurang, dan di sana kita langsung disapa sama udara dingin yang udah jadi ciri khasnya Bantir. Tapi mataharinya tetep terik, sih. Nah terus kita taruh barang-barang di barak, terus ishoma. Sehabis ishoma ada kegiatan outbond; ngeluarin bola dari lubang, masukkin bola ke keranjang, si buta, ular-ularan. Dan alhamdulillah XI MIA 1 masuk final wkwkwk.
Nah selesai outbond kita langsung istirahat di barak, dan menunggu waktu makan yang sangat dinanti :-)

   Habis makan malem kita disuruh kumpul di aula buat nerima workshop kepramukaan--yang kayaknya sedikit melenceng dari topik. Jadi di workshop tersebut si pembicaranya bilang gini "Kalian siap untuk menghadapi masalah? Ini saya punya gelas dari kaca, saya akan lemparkan ke kalian, kalian harus tangkap. Masalah itu harus dihadapi, bukan dihindari." TERUS GELASNYA DILEMPAR BENERAN GITU LHO. DAN ITU GA CUMAN SEKALI. JADI KALO KETANGKEP, GELASNYA HARUS DILEMPAR KE TEMEN YG LAIN, DAN KALO PECAH, YA PECAH. Edan. Dan setiap aku denger kacanya pecah rasanya pengen nangis nggak tau kenapa :')

   Terus ada lagi sesi berdiri di atas sebuah gelas, dan pembicaranya nyari relawan yang badannya gede. Dan keluarlah Bagaskara Yogatama, lelaki gendut berbobot 87 kg yang dipertanyakan orientasi seksualnya. Untung aja dia berhasil berdiri di atas gelas tanpa gelasnya pecah, padahal ekspektasiku kacanya bakalan pecah terus nusuk kakinya terus infeksi terus harus diamputasi--ok I've gone a lil too far.

   Ya abis itu selesai, yang siswa Protestan ada doa malam, abis itu tidur.


-- Hari Ke-dua --  17 Oktober 2015
   Jam 02.44 aku kebangun gara-gara suasana barak putri yang udah rame gara-gara mereka siap-siap mau mandi. Like, what the hell. Mandi kok jam segitu :') tapi aku juga sih, ngantri mandi jam 3, selesai mandi jam 4.. Tapi nggapapa, masih bisa ngeliat bintang yang lumayan banyak kok pas itu, sebenernya ngga banyak sih, tapi ya buat anak kota itu sesuatu yang menyenangkanlah untuk dilihat :') Dan anginnya kenceng buanget, sampe ada suaranya, suara anginnya kayak ngejar kamu, serem tapi mencengangkan(?).

Quest macam apa ini
   Terus paginya jam 6, kita dikumpulin buat senam gaje :( terus abis itu sarapan, abis itu tracking!! Tracking berjalan seperti tracking-tracking kemah pada umumnya, di mana kita harus jalan, mendaki gunung, dan nyelesaiin misi-misi di pos. Tapi ada yang beda di kegiatan kemah SMA N 3 Semarang ini, pos-posnya bukan berkaitan sama hal-hal kepramukaan, tapi PELAJARAN. Iya, pelajaran. Ada total sekitar 13 pos yang harus diselesaiin misinya. Dan 4 pos pertama itu isinya pelajaran MIPA, ya agak berkaitan sih sama kepramukaan, tapi, tetep bikin blergh.





Waktu tracking pemandangan dari atas bukit/gunung (gatau aku wakaka) itu bagus buanget. Harus ke sana sendiri biar tau betapa bagusnya ngeliat gunung ungaran secara clear view :') subhanAllah.







ena-ena


   Selesai tracking sekitar jam 12, puji Tuhan XI MIA 1 dapet kloter pertama, jadi nyampenya waktu kamar mandinya masih sepi~ Abis gitu kita mandi dan kita bobo-boboan. Ada temenku namanya Fena sama Nindita, dan mereka tidur siang dengan mesranya :-)

Setelah beberapa lama kita masih harus nunggu kloter lain dateng buat makan siang. Setelah makan siang acara dilanjutin dengan outbond, tapi yang main cuman yang masuk final doang, puji Tuhan cowonya MIA 1 menang, tapi cewenya ngga, tapi gapapa, penting senang.

   Terus malemnya ada penyalaan api unggun yang dilanjut pensi. Penyalaan api unggun ada sedikit persilisihan antara Pak Aji yang nggak rela buat Pak Umar ikut-ikutan nyalain api unggun. Dasar guru gaul. Pensi dimulai jam 20.00 kurang, tema pensinya adalah provinsi-provinsi di Indonesia, jadi tiap kelas dapet tema provinsi yang berbeda-beda. Kelas kami dapet tema Jawa Tengah, nggak susah sebenernya, tapi tetep aja amburadul. I'd rather not to talk about it. Mboh. Penting hepi. Setelah pensi, anak-anak disuruh buat membentuk lingkaran besar, bergandengan tangan, dan menyanyikan lagu Kemesraan. Aku nggak becanda, ini beneran. Waktu itu berharap bertemu sang pujaan hati, tapi ternyata dia ada di seberang lapangan, jauh, namun berhadapan. Ea. Halahoposih.

   Sehabis selesai kita langsung tidur


-- Hari Ke-tiga --  18 Oktober 2015
   Tapi, tidurnya keganggu sama acara ospek maba UDINUS yang kebetulan diadain di Bantir juga. Pas tidur kedengeran suara-suara mabanya dimarahin, kedengeran suara mabanya dimotivasiin.. Dan yang paling absurd pas aku keluar buat ke kamar mandi ada yang teriak "AYO TEMUKAN BAPAK IBUMU, TEMUKAN SAUDARAMU!!" terus mabanya mulai nangis sambil mendesah(?), terus waktu jalan kan aku bawa senter, aku bilang ke Angie (my bff yang selalu menemaniku ke manapun kapanpun) "Njik, kalo aku arahin senterku ke mereka gimana ya?", terus aku arahin senterku ke mereka cuman sekilas, terus langsung kabur.

   By the way, keadaan barak waktu itu gelap banget, soalnya lampu dalem barak dimatiin dan di luar barak semua lampu juga dimatiin buat acaranya UDINUS. Udah gelap, ada suara teriak-teriak, ditambah lagi Devi yang tidur di sebelahku suara nafasnya berat banget, kebayang kan seremnya kayak gimana.

   Udah skip, paginya kita bersih-bersih dan siap-siap buat apel. Di lapangan ada anak-anak UDINUS yang lagi outbond. Kita sampe terheran-heran, soalnya mereka itu nggak tidur dari kemarin malem, tapi wajah mereka nggak capek, malah keliatan semangat banget. Luar biasa. Akhirnya karena lapangan dipake buat outbond kita apel di dalem aula, lumayan cukup sih soalnya banyak anak-anak yang pulang di hari ke-2 soalnya mereka panitia Gafest alias Ganesha Festival.

   Yauda abis apel dan pembagian hadiah (yang pasti semua kelas dapet hadiah) kita langsung menuju bus masing-masing dan pulang kembalike SMA N 3 Semarang dengan kondisi kucel sekali padahal smaga lagi rame gara-gara Gafest :')

Bonus foto-foto


waktu tracking

keliatan kan yang mukanya paling nyolot siapa.
aku kayak orang abis nyimeng.

with my super bff







Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

I got accepted into FK Internasional UGM [Pengalaman Tes FK Intl UGM]

I got accepted into FK Trisakti [Pengalaman Tes FK Trisakti 2017]

Pengalaman Tes IELTS [Tanpa Belajar] +TIPS!