I got accepted into FK Internasional UGM [Pengalaman Tes FK Intl UGM]

Jadi di post kali ini aku mau nyeritain tentang pengalaman tesku di Jogja, tes buat masuk ke Fakultas Kedokteran Internasional UGM (Pendidikan Dokter).
Tes untuk Intake 1 dilaksanakan 2 hari, 29-30 April 2017, terdiri dari 6 tes. Apa aja yah? Simak cerita aku aja!

    28 April 2017
    Aku tiba di Jogja diantar Mas Bayu dan ditemani Mama serta Mbak Wiwin. Kami nginep di Jogjakarta Plaza Hotel yang notabene deket sama lokasi tes (di gedung FK UGM). WiFi di sana lemot banget ya ampun, aku yang belajarnya biasanya lewat Zenius jadi rada stres karena kurang bisa belajar di sana. Akhirnya aku cuman baca-baca catetan latihan soal UTUL-ku aja, yang aku buat seminggu yang lalu, berharap soalnya sama. Aku cuman baca-baca sekitar 10 menit, merasa sia-sia, akhirnya aku switch ke YouTube dan nonton Dank Memes dengan kualitas video 144p.

   Hari Pertama, 29 April 2017
    Tes hari ini dimulai jam 7.20 AM, jadi aku dan Mbak Wiwin udah stand by di gedung FK UGM jam 6.30 AM. Di sana aku duduk-duduk dulu sambil nungguin waktunya ujian. Sekitar jam 7 aku naik ke lantai 2, ke ruang ujianku. Di sana aku ngantri buat nitipin tas dan segala alat elektronik + di-scan badannya satu-satu. Ketat banget duileh. Terus yaudah deh aku duduk di kursi ujianku yang bernomor 69 hehehe.

Tes 1 - Gadjah Mada Scholastic Test (GMST)
            Semacam TPA, bedanya cuman semua soal dalam bahasa Inggris. PUSING GILA ngerjain ini. Apalagi yang bagian vocabulary-nya, nggak ngerti sama sekali. Asal ngebunderin aja.
            Numeriknya lumayan gampang, visualnya juga nggak sesusah TPA Trisakti. Dan rule-nya sama seperti pengerjaan TPA pada umumnya, nggak boleh balik ke section sebelumnya, karena tiap section warna kertasnya beda. Kebetulan ada anak di depanku yang ngerjain TPA-nya keteteran (mungkin karena dia nggak langsung ngerjain di LJK-nya), sampe dia ditungguin sama pengawasnya gitu :/ Jadi hati-hati karena kemungkinan besar kalo kamu keteteran bakalan dicatet sama pengawasnya.

- Istirahat 10 menit, bisa buat ke toilet -
Waktu balik ke toilet, aku harus di-scan lagi badannya. Abis di-scan, aku dengan bodohnya malah JALAN KE RUANGAN LAIN. Sampe dipanggil sama petugasnya "Mbak-mbak, mau tes di mana mbak???". Asli malu banget ya Allah.

Tes 2 - Academic Test I (Math & Biology)
            ASLI SOAL MATEMATIKANYA NGGAK BISA DIKERJAIN. Tiap aku liat soal, aku coba itung, dan pasti nggak ada jawabannya. Aku cuman bisa ngerjain satu soal, dan yang lainnya aku mah asal ngebunderin aja karena nggak pake sistem minus kayak SBMPTN.
            Untuk soal biologinya, nggak terlalu susah, cuman kamu harus bener-bener ngerti maksud soalnya (mengingat semua soal dalam bahasa Inggris). Kalo nggak bisa dikerjain, ASAL NGEBUNDERIN AJE!

- Istirahat makan siang -
Waktu ngambil tas dari penitipan, tiba-tiba ada anak di depanku ngomong pake bahasa Inggris ke temennya, dan aku jadi minder karena aku merasa sangat gagal tadi tesnya dikarenakan keterbatasan kemampuan dalam berbahasa asing huhuhu. Tapi ya bodo amatlah.

Tes 3 - Academic English Proficiency Test (AcEPT)
            Semacam tes TOEFL ITP gitu. Aku yang sama sekali nggak pernah tes TOEFL, kagok banget. Apalagi waktu bagian pertama. Wad0eh keteteran dah. Tapi puji Tuhan kejawab semua. Banyak soalnya. Pusing, apalagi waktu bagian rephrase ya Allah, serasa semua jawaban itu sama plek, kaga ada bedanye. Ini juga sama kayak tes TPA rule-nya, nggak boleh balik ke section sebelumnya, dan nggak boleh dicoret-coret buku soalnya, dan kamu nggak dikasih kertas kosong buat coret-coret untuk bagian listening, karena emang kamu nggak bakalan sempet buat nyoret-nyoret dikarenakan waktunya yang sangat sangat terbatas. Intinya diisi semua ajah, PD aja mhanx.

TES HARI PERTAMA SELESAI, PULANG DAN MENYIAPKAN DIRI UNTUK TES HARI KEDUA (baca: nonton dank memes + tidur cepet).

    ○Hari Kedua, 30 April 2017
       Kali ini tes dimulai jam 7 AM, dan kali ini aku diantar Mama. Agak lebih santai kali ini karena hari ini cuman ada 1 tes yang mikir, sisanya logika.
Waktu ngantri untuk masuk ruangan, anak-anak di depanku kayak ngobrol-ngobrol, me-review rumus-rumus fisika. Aku cuman berdiri.. Ngeliatin, ngedengerin, dan nggak ngerti apa-apa. Aku sedih.

Tes 1 - Academic Test II (Physics & Chemistry)
            Soal fisikanya nggak aku baca. Bodo amat. Skip ke soal kimia. Nggak bisa aku kerjain juga. Dalam hati udah nangis pengen minta maaf sama Mama karena aku sudah menjadi pribadi yang mengecewakan.
            Tapi setelah dibaca-baca lagi, soal kimia bisalah dikerjain, 12 nomor (gile banyak juga yak?), tapi asal-asalan. Untuk soal fisika, aku mengandalkan Tuhan dan aku jawab dengan option yang sama, semuanya, kecuali dua sampai tiga nomor aku jawab dengan angka yang biasanya muncul pada jawaban soal-soal fisika. Pokoknya kalo nggak bisa ngerjain, jawab aja asal-asalan, tapi harus sama, contohnya kalo B ya B semua, kalo C ya C semua, biar pasti ada yang bener lah di antara itu, daripada beda-beda dan ternyata nggak ada yang bener, ye gak? Huhu.

Tes 2 - Situational Judgement Test (SJT)
            Jadi di tes ini, dikasih suatu situasi/masalah, dan kamu harus nentuin tindakan yang mau kamu lakuin pada situasi itu. Jadi untuk yang part awal ada 4 options, dan kamu harus mengurutkan tindakan mana yang lebih mungkin bakal kamu lakuin. Malesin sumpah. Cuman pake logika, sih, buat mengetahui kamu orangnya bijaksana atau nggak. Tapi jawabnya harus yang rasional, yah, nggak usah terlalu dibaik-baikin, jawabannya egois dikit nggak apa-apa. Untuk part terakhirnya aku agak lupa, tapi intinya sama, mengurutkan tindakan dari yang paling possibly you'll do, sampe yang paling you won't do.

Tes 3 - Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI)
            Yak! Tes MMPI lagi, 567 pernyataan, pilihan jawaban YES atau NO. Persis seperti tes MMPI Trisakti, hanya semuanya dalam bahasa Inggris.

Semua tes selesai jam 5.30 PM-an. Kondisi waktu itu hujan dan aku kebingungan nyari emak di tempat janjian. Nggak lama kemudian muncul Mas Bayu (driver kami) sambil bawa payung. Mo nangis :')

Yadah deh, mau tau hasil tesnya nggak?
Puji Tuhan :)

Comments

  1. Hi Tirsa! This was a looot of fun to read! hahaha congratualtions btw!!
    I saw your blog about IELTS, and yup we were born in the same year (I was gonna call you Kak in the beginning) anyways my name is Andira :)
    Makasih udah share ini, honestly. I'm planning to do IUP Medicine too, tapi juga agak takut dengan soal matematika dan fisika huhuhu
    boleh tau Tirsa, macam soal matematika nya kyk gimana? and udah hampir setahun blog ini, gimana pengalaman IUP medicine?? :)) your reply will mean A LOT to me

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuhh maaf banget Andira aku bener-bener baru ngecek seksi komen blog akuu. Anyway how do you do? Maaf yaa.. By the way aku kuliah di FK Undip :))

      Delete
    2. Maaf kak tapi kenapa gajadi kuliah di UIP FK UGM? Makasih sebelumnyaa

      Delete
    3. Ada soal2 utk msk UIP FK UGM?
      Udh ditrima dilepas knp?

      Delete
  2. Kami menjual soal IUP UGM untuk semua fakultas. Hubungi WA: 081241860957

    ReplyDelete
  3. Mau tanya, di IUP FK UGM yg untuk Indonesian students ada interview nya ga?
    Your reply means a lot, thank you.. :)

    ReplyDelete
  4. Hai kak, mau tanya, kalo ukt international program di ugm berapa ya?

    ReplyDelete
  5. Kami menjual buku kumpulan soal iup ugm untuk semua fakultas. Info selengkapnya, WA: 081241860957

    ReplyDelete
  6. apa kakak ada mencantumkan nilai ielts/toefl saat mendaftar kak?

    ReplyDelete
  7. kak, apakah harus menyertakan sertifikat toefl? apakah itu menjadi salah satu pertimbangan untuk bisa diterima?

    ReplyDelete
  8. Ka, pengen nanya nanya lbh banyak.. apa ada kontak kakak yg bersedia saya hubungi? Mau nnaya soal fk undip juga.

    ReplyDelete
  9. hi kak, idk but i feel so proud after read your blog. anyway this year (2020 more precisely) i wanna try fk iup ugm too and hope i can be accepted in this prodi. can i ask you smthng? why you didn't choose fk iup ugm?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

I got accepted into FK Trisakti [Pengalaman Tes FK Trisakti 2017]

Pengalaman Tes IELTS [Tanpa Belajar] +TIPS!