I got accepted into FK Trisakti [Pengalaman Tes FK Trisakti 2017]

Jadii hari ini aku bakalan nyeritain pengalaman aku tes untuk masuk ke Fakultas Kedokteran (Pendidikan Dokter) di Trisakti!
Tes ini diadain 2 tahap dan diadakan dalam 2 hari (bagi yang lolos tahap 1).
Oke langsung mulai aja yaah~

    - Hari pertama
    Hari itu hari Minggu, aku dan Mamaku yang nginep di Hotel Ciputra (deket banget sama gedungnya Trisakti) cabut ke Trisakti jam 7 AM-an karena tes mulai jam 8 AM. Sampe di sana aku daftar ulang dulu dan di-scan finger print-nya untuk meminimalisir beredarnya calo.
    Waktu nungguin jam 8, aku duduk di deket ruang ujian sambil sok-sok an baca buku GO (bukan punyaku) dan bener-bener cuman aku liat-liat aja, karena aku tau aku juga nggak bakalan bisa menyerap semua rumus dalam waktu setengah jam. Dan fyi aku sama sekali nggak ada persiapan buat tes itu! Lol.
    Tiba-tiba ada seorang cewe maniezt duduk di depanku, terus nyapa aku, tanya aku dari mana. Dan ternyata kita SAMA-SAMA DARI SEMARANG! Gila gak tuh kebetulan banget. Namanya Jihan, terus yaudah deh kita jadi temen selama 2 hari itu :D
    Jam 8 lebih akhirnya kita masuk ruang ujian. 1 ruang isinya dikit, cuman 15-an orang. Dan soal-soal ujiannya itu terdiri dari semua mapel IPA + bahasa Inggris. Dan sumpah, aku sama sekali nggak bisa ngerjain soal fisikanya! Wkwkwk. Biologi dan kimia lumayan dasar, sih. Dan kamu harus tau, jawaban soal bahasa Inggrisnya itu kayak tangga tau nggak. Jadi urut gitu, abis A, B, abis B, C. Bener-bener kayak tangga, jadi nggak usah mikir LOL.
    Terus ujian selesai jam 10, dan kita langsung pulang deh. Pengumuman kelolosan tahap 1 diumumin maghribnya.

    - Hari kedua
    Puji Tuhan aku sama Jihan lolos tahap 1. Akhirnya kita harus menjalani tes tahap 2 yang diselenggarain jam 1 PM-6 PM. Aku sama Mamaku sempet bingung mau ikut yang tes tahap 2 ini apa nggak, karena pesawat kita mepet banget, boarding jam 6.30 PM. Tapi akhirnya yaudahlah, masa kesempatan ditolak. Akhirnya nekat deh aku tetep ikut tes tahap 2 ini.
    Tes tahap 2 ini dibagi jadi 2 sections: tes MMPI sama TPA.
    Jadi, tes MMPI itu berisikan 567 pernyataan (bukan pertanyaan loh, ya), dan kita cuman disuruh jawab IYA atau TIDAK. Bener-bener simpel. Kuncinya sih JANGAN DIBAIK-BAIKIN! Isi sesuai keadaan kamu yang sekarang, yang dicek itu stabilitasnya, karena ada beberapa pernyataan yang sama di lain nomor, dan kalo kamu jawabnya nggak jujur, kesempatan buat ngejawab dengan jawaban yang berbeda bakalan lebih gede.
    Dan TPA-nya seperti TPA pada umumnya. Dan aku bener-bener lemah di soal visualnya. Ada soal tentang gir rantai, tentang kertas yang dilipet-lipet, duhhh GaK nGErTI akU. Pokoknya aku jawab semua. Dan tes TPA itu ada 4 buku kalo nggak salah, dan tiap buku ada waktunya. Jadi kalo waktu untuk ngerjain buku 1 udah selesai, kamu harus lanjut ke buku 2, JANGAN KEMBALI KE BUKU SEBELUMNYA, karena bakalan mengurangi nilai.
    Tes selesai jam 6 PM. Aku langsung ijin ke pengawasnya buat duluan meninggalkan ruangan dengan alasan "Mau ngejar pesawat, Buk." dan akhirnya aku sama Mama buru-buru sampe ninggalin belanjaannya Mama di gedung Trisakti huhu. Dan untungnya driver-nya pada saat itu baik banget, mau nyariin belanjaannya Mama dan dikirim pake JNE ke Semarang (aku lupa namanya siapa) :')


Dan yah, selesai sudah semua tesnya!
Hasilnya?
Puji Tuhan :)
...tapi kayaknya emang keterima semua deh, gak tau juga, soalnya emang biaya kuliahnya mahal gila, musti mikir 1908201920101x buat ngambil kuliah di sana.

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo tirsa aku boleh minta contact kamu gak buat tanya2 soal usm? makasih😊

      Delete
    2. halo intan..,perlu soal2 FK buat latihan?di aku ada nih :)
      buluxmamoru@gmail.com

      Delete
    3. Hallo Ka Tirsa, aku juga boleh minta soal2 FK buat latihan?

      Delete
    4. Syaa boleh minta soal2 IUP FK UGM utk latihan? Email ellysukses@yahoo.co.id
      Wa.me/62811840788

      Delete
  2. Bimbingan Belajar Khusus
    Masuk Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS)
    20-21 jan yarsi jkt
    14 jan UNTAR jkt
    14 jan atma jaya jkt
    20-21 jan Umj jkt
    21 jan trisakti jkt
    21 jan ukrida jkt
    21 jan widya mandala
    27 jan fkg moestopo jkt
    Proses Karantaina dimulai H-1 sebelum tes
    •Belajar dengan instens dan mudah
    •Bimbingan tersedia 24jam
    •Ruang belajar yang nyaman dg fasilitas yang memadai
    •Pembimbing berpengalaman
    •Dan jaminan lolos sesuai target
    •Pembayaran dilakukan setelah dinyatakan lolos
    more info : 0813 2189 6094

    ReplyDelete
  3. dear all Ada yg minat fk & fkg TRISAKTI & moestopo .... segera ya hanya untuk 4 orang saja :)
    info :buluxmamoru@gmail.com

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. jadwal tes fk maret 2018 :
    3 fkg moestopo jkt
    3-4 unisba bdg
    10 yarsi jkt
    10 hangtuah sby
    11 untar jkt
    11 trisakti jkt
    11 unjani bdg
    25 UPH jakarta
    25 ukrida jkt
    25 atma jkt
    30-31 warmadewa bali
    info link buat dibantu lolos :
    PC line : lnurhakim
    WA: 087714434445

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. KISAH SUKSES SAYA MASUK JADI
    mahasiswa FK UI yg saat ini sedang koas, alhamdulillah berkat bantuan pejabat tinggi kemenkes bpk kepala pusat data dan informasi di kemenkes pusat jakarta beliau atas nama bpk DR.DRH. DIDIK BUDIJANTO .M.kes no hp beliau yang selalu aktif :
    0853-2174-0123

    Awal cerita saya ini berawal dari temen saya yang telah sukses dari FK di universitas negeri di UI Depok, nah saya bertemu teman saya itu di depan bibel salah satu wilayah di depok karena di situ ada cafe nongkron, saya di ajak nongkron, dan waktu itu saya lansung curhat masalah cita cita saya ingin masuk di FK UI depok, nah di situ saya menetes'kan air mata di depan temen saya yang sudah sukses, alhamdulillah kata temen saya, ada seseorang yang bisa bantu kamu kata'nya ini orang yang juga pernah membantu saya kemarin sewaktu pas saya rencana mau masuk pendaftaran juga, kata'nya temen saya beliau adalah pejabat tinggi di KEEMNKES, beliau kata'nya bisa menjembatangi ke anggota dekanat FK seluruh indonesia.

    Info dari saya bagi adik2 yang mau masuk FK, jangan takut, coba saja dulu. Jangan menerima mentah2 informasi di blog yang bikin anda ragu,

    Sekedar info, UGM saat ini bukan BPHP lagi tapi jadi BLU
    intinya, semua manajemen keuangan tidak sepenuhnya dikelola secara otonomi tapi di kembalikan ke pemerintah, Jalur masuknya undangan, SBMPTN untuk reguler; dan tes mandiri untuk inter. Inter memang jauh lebih mahal, bisa 30 jutaan per semester (denger2 pake dollar bayarnya). Tapi itu wajar, mengingat fasiitas yang diberikan fakultas untuk program inter.

    Ada kabar yang menyebutkan uang pangkal kemungkinan tidak ada
    tapi uang per semester tidak lagi 2,1 juta. Kemungkinan uang per semester meningkat jauh untuk kompensasi tidak adanya uang pangkal. Jumlahnya belum tau.

    Pengalaman saya di FK UI, ada banyak sekali jenis beasiswa yang bisa diambil, misal PPA, BBM, BOP, beberapa bank, beberapa instansi, asal rajin cari info dan mau mencoba.

    Bagi anak berprestasi tapi kurang mampu, fakultas juga menyediakan dana bantuan khusus.

    Bahkan, jika di tengah pendidikan ada mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial, dapat mengajukan surat keringanan ke dekanat.

    Memang wajar jika biaya di FK tinggi, mengingat sarana untuk praktikum dan perkuliahan memang membutuhkan dana yang besar. Namun bukan berarti hanya orang kaya yang bisa masuk FK.

    Selalu ada jalan bagi yang mau berusaha silah'kan saja hub bpk dr.drh didik budijanto. M.kes siapa tau beliau bisa bantu anda teman teman. WASS.. ...

    ReplyDelete
  8. kak boleh minta contactnyaa (line/ig) gak? aku mau masuk kedokteran trisakti kak jd yamau tanya2 ttg usm trisakti hehe makasih kakk

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

I got accepted into FK Internasional UGM [Pengalaman Tes FK Intl UGM]

Pengalaman Tes IELTS [Tanpa Belajar] +TIPS!