Character Building Camp / CBC SMA N 3 Semarang -- Great Bantir, Great Memories (7-9 April 2016)

    Yah, balik lagi ke Bantir. Masih kebawa hawa pantai, nih.
    Jadi, angkatan Ganesha17 ke Bantir kali ini bukan buat kemah kepramukaan, tapi buat melaksanakan CBC atau Character Building Camp atau Pendidikan Karakter atau Latihan Dasar Kepemimpinan oleh Bapak-bapak TNI. Banyak banget dari kita yang nggak ikut CBC ini, tapi puji Tuhan kelas XI MIA 1 cuman kurang 2 orang itupun karena alasan yang bener-bener mendesak. Yey.

-- Kamis, 7 April 2016 --
    Sebenernya buat berangkat aja udah males. Ditambah males lagi setelah baca cerita CBC dari blog-nya kakak kelas. Kayaknya sengsara banget. Tapi tetep berangkat dong karena #waniperih. Kita berangkat dari sekolah harusnya setelah apel yang dilaksanakan jam 8 am. Tapi yagitu, molor lagi, tapi nggak apa-apa.
    Sampe di Bantir kita langsung naruh barang-barang di barak, terus upacara pembukaan dan pembagian pleton atau kelompok. 1 pleton 30 orang. Puji Tuhan aku kenal hampir semuanya yang ada di pletonku. Habis itu kita ishoma. Nah, cara makan waktu CBC beda, nih. Jadi kita harus duduk berhadapan, kakinya harus sejajar dengan sebelahnya, dan badan harus tegap, nggak boleh bungkuk. Dan makannya harus cepet, 10 hitungan. Makan siang pertama kondisi masih rada berantakan. Tapi nggak apa-apa, makanannya enak :')
    Ada tragedi nih di sini, HP-ku ilang. Dan aku nyadarnya pas waktu temen-temen pada sholat. Dugaan sementara HP-ku ilang di barak. Terus temen-temenku bilang kalo ada tentara yang bawa hapeku. Yah agak lega dikitlah. TAPI TETEP TAKUT.
    Sehabis makan kita ganti baju olahraga dilanjutkan dengan PBB atau Pelatihan Baris Berbaris. Yang tadinya sempet beberapa menit di lapangan, lalu dipindahkan ke aula karena cuaca hujan. Dan menurutku acara PBB more like acara ceramah sambil baris. Lah bayangin aja kamu cuman disuruh baris, lencang depan, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, terus sisanya diceramahin. Sempet juga dibikinin yel-yel, tapi nggak dipergunakan pada akhirnya huhu.
    Di akhir PBB aku lari ngejar tentara yang bertugas nanganin barakku, Pak Jaenuddin namanya. Aku lapor kalo HP-ku ilang, dan beliau menanggapi dengan, "Ya, nanti malam menghadap saya, ya."
CREEPY ABIS GUE MAU DIAPAIN COBA. Yauda deh. Abis itu kita istirahat lagi.
    Sehabis bersih-bersih dan sholat, kita makan malam lagi dengan cara yang sama, dan sekarang ada kerupuknya. Kita disuruh buat naruh kerupuknya di atas kepala kita, dan nggak boleh jatuh selama kita makan. Kalo udah 3 kali jatuh, kita harus makan di luar.
    Sehabis makan, dilanjut dengan acara wasbang alias wawasan kebangsaan. Di sana kita dikumpulin di aula dan disuruh nyimak presentasi wasbang. Nah, waktu itu ada beberapa anak yang ganti kaos bebas, termasuk aku. Dan ada temenku yang namanya Icak, dia disuruh buat ngumpulin anak-anak yang bajunya pada nyeleneh. Ketar-ketir dong gue. Udah HP ilang, baju nyeleneh, mau diapain coba ntar waktu kedisiplinan.
    Tapi kemudian sehabis presentasi tentang wasbang selesai, seluruh anak disuruh buat ganti baju OSIS lengkap. Terus kita ngelakuin apel malam. Sehabis apel malam selesai, anak-anak yang bajunya pada nyeleneh disuruh laporan, dan untungnya sama sekali nggak dimarahin. Puji Tuhan banget.
    Terus aku ketemu Pak Jaenudin, dan aku kembali bertanya masalah HP-ku yang ilang. Terus tanganku dipegang sama dia, terus dia menatap aku hangat, kami jatuh cinta. NGA. Terus aku diseret gitu, terus dia membuka percakapan dengan tanya-tanya pekerjaan orang tua, saudara ada berapa, ntar kalo udah gede mau jadi apa, terus akhirnya dia ngebahas masalah HP, terus dia ngeluarin sebuah HP dari kantongnya yang ternyata HP-ku. Terus abis itu Pak Jaenudin ngelepas topiku, terus dia nyuruh aku buat ngetok kepalaku 3 kali. Yaudah, terus beliau nyuruh aku balik ke barak buat istirahat.

-- Jumat, 8 April 2016 --
    Alarm bunyi jam 2 am, waktunya mandi. Untungnya nggak ada anak yang berniatan buat mandi jam segitu, jadi kamar mandi masih sepi. Dan puji Tuhannya barak 1 kebagian kamar mandi yang bagus dan terang, jadi nggak terlalu serem. Tapi tetep aja, coba bayangin kamu jam 2 pagi mandi, airnya dingin setengah mati, terus ada suara orang nyinden (berasal dari TV, sih.). Pertanyaanku, siapa yang ngedengerin orang nyinden pagi-pagi buta??????? Masa bodolah. Abis itu tidur lagi sampe jam 5 am.
    Jam 5.45 am kita dikumpulin di lapangan (pake baju olahraga yang kemaren) buat senam pagi. Habis itu kegiatan pembersihan dilanjutin makan pagi. Sehabis itu kita dibarisin perpleton dan outbond!
    Outbond pertama buat pleton kami itu titian tali dua. Jadi ada 2 tali, atas-bawah. Nah kita disuruh buat jalan di atas 1 tali itu dengan bantuan tali yang di atas. Fyi, di bawah kita itu bukan tanah, tapi kayak kali yang dalem gitu, jadi agak-agak ngeri juga. Waktu jalan di atas itu nggak boleh diem aja sama Pak Gandhi, harus bersuara. Jadi waktu di atas tali aku nyanyi-nyanyi ultras SMAGA, mash up smala smaga.. Terus aku juga sempet minta ampunan yang maha kuasa :) Lebay? Ngga. Anjerlah itu serem banget tauk. Temenku sampe ada yang kakinya geter sebelah, jadi kaki sebelah kanannya tiba-tiba geter, tapi geternya kayak mesin jahit gitu. Hahwkakwkakwkakhwnakwakakakwakw aku ketawa waktu ngetik ini, lucu banget soalnya.
    Outbond ke-dua itu flying fox. Yang cowo-cowo terbang tanpa pengaman, wait, did I just type the word "terbang" there? HAHAHAHAHHAHAHA goblok, dikira kupu-kupu. Okedeh, ralat. Yang cowo-cowo main flying fox tanpa pengaman, sedangkan yang cewe-cewe main flying fox pake pengaman. Iya yang cewek takut hamil. WOY explicit content. Yaudah. By the way talinya tipis banget coy, sempet putus beberapa kali, tapi bukan tali utamanya sih, tapi tetep aja kalo talinya putus ntar kita bakalan kayak ngerem mendadak 1 detik gitu di tengah-tengah. Kan serem.
    Terus habis itu kita ishoma dan kembali ke barak. Karena harusnya ada 4 kegiatan outbond yang kita selesaikan, jadi dibagi kloternya. Sehabis ishoma, pleton kami ngelanjutin 2 kegiatan outbond lainnya.
    Outbond ke-tiga itu hulahoop. Jadi ada 10 hulahoop yang dirangkai sedemikian rupa jadi kayak dinding gitu, formasinya dari atas ke bawah: 3-4-3. Terus mboh piye carane pokoknya 10 orang harus bisa melalui ke-10 lubang itu, dan nggak boleh masukkin lubang yang udah dipake. Rada ambigu, ya. Hm. Duh. Awkward. Yaudah, dan yang boleh masuk lubang dengan napak tanah cuman boleh orang yang pertama, yang lainnya ngga boleh napak tanah. Jadi grup kami memasukkan orang ke-2 sampe ke-9 dengan cara digotong. Dan orang ke-10 dengan cara: ada beberapa orang yang jejer-jejer di tanah sambil tengkurep. Nah, orang ke-10 itu masuk lubang dengan alas orang-orang itu, yang penting nggak napak tanah. LOL.
    Outbond ke-empat adalah jaring laba-laba. Buat ke tempat outbond-nya kita harus mengalami perjalanan yang jauh, naik gunung. Pleton kami dianterin sama 2 anak cowok yang berbaik hati nunjukkin jalan yang lebih aman namun lebih jauh buat kita. Terima kasih sudah perhatian sama kita, ya :) Sesampainya di sana, aku menyerah. Kita disuruh buat manjat tali yang dibentuk kayak jaring, dan turunnya harus lewat sisi yang baliknya. Aku nggak bisa, akhirnya disuruh push up lurus 5 kali. Ya nggak apa-apa, deh. Daripada anu sakit. Berhubung kita nyampe di sana udah sore, jadi terpaksa ada yang nggak kebagian main, karena hutannya ditutup jam 4 pm. Dan kondisi lagi hujan juga, susah nanti kalo jalanan tambah licin. Akhirnya kita dipulangin ke barak, dan istirahat, sekaligus mandi.
    Sorenya kita pake kaos SMAGA biru dan celana olahraga (lagi). Kemproh gila. Sehabis makan dan lain-lain, kita disuruh ke lapangan buat penyalaan api unggun dan pensi. Pensi ditutup dengan kita nyanyi lagu History-nya 1D bareng-bareng. Sehabis itu kita disuruh buat ganti seragam OSIS lengkap lagi.
    Sekitar jam 9 pm kita ngelakuin apel malam di aula. Terus prosesi penyiuman bendera. Habis itu ditutup dengan renungan malam yang mayoritas anaknya malah tidur bukannya merenung. Aku malah nangis waktu mulai pada nyanyi Hadad Alwi - Astaghfirullah.
    Jam 11 pm kita bubar. Setelah sgcm (sikat gigi cuci muka), kitapun tidur.

-- Sabtu, 9 April 2016 --
    Jam 5 am kita disuruh buat ganti baju SMAGA biru dan celana olahraga. Kayaknya mereka nggak seneng ngeliat kita higienis, deh. Jam 5.45 am kita dikumpulin lagi buat apel pagi dilanjutkan dengan senam.
    Abis itu ada game, nih. Namanya game "Kata Panji". Jadi kita nggak boleh ngelakuin yang diperintah kalo ngga ada kata-kata "Kata Panji"-nya. Jadi misalnya, kamu cuman boleh istirahat di tempat kalo pelatih bilang "Kata Panji, istirahat di tempat grak!". Kalo kamu melakukan perintah yang nggak ada kata Panji-nya, kamu harus mundur ke belakang. Nah, ada temenku namanya Qais, dia yang mundur pertama dari pletonku. Waktu mundur ke belakang dia malah ditanyain sama Guruku (Bu Surasmini), "Mbaknya kenapa? Sakit??? Eh eh ini mbaknya sakit!! Duduk dulu duduk dulu". Lawak abis. Tapi bener sih, soalnya kita yang sakit nggak boleh nunggu sampe pingsan, kita harus ada inisiatif buat mundur ke belakang barisan sebelum pingsan, jadi wajar kalo Bu Suras ngira Qais sakit. Tapi tetep ketawa-able.
    Sehabis itu kegiatan korvey atau pembersihan lingkungan. Terus kita disuruh buat ganti seragam OSIS lengkap, terus makan untuk yang terakhir kalinya di sana :') dilanjutkan upacara penutupan. Terus diakhiri dengan foto angkatan. Berhubung masih kebawa hawa-hawa widyawisata, foto angkatan kali ini jargonnya sama, yaitu "Great Bantir, Great Memories". Chu, ya.
    Yasudah, habis itu kita pulang ke SMA N 3 Semarang. By the way kita kebagian bus ber-AC, loh. Puji Tuhan banget!

Bonus dokumentasi

hampir pipis

 

 

Comments

Popular posts from this blog

I got accepted into FK Internasional UGM [Pengalaman Tes FK Intl UGM]

I got accepted into FK Trisakti [Pengalaman Tes FK Trisakti 2017]

Pengalaman Tes IELTS [Tanpa Belajar] +TIPS!